Back to homepage

Wilayah & Tata Letak

Luas dan Batas Wilayah Administrasi

Aspek geografi merupakan salah satu aspek kondisi kewilayahan yang harus diperhatikan sebagai ruang pembangunan. Dari uraian ini diharapkan dapat diketahui potensi, tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan di Desa Langam dalam enam tahun kedepan.

Sebagai salah satu dari tujuh desa yang berada dalam wilayah Kecamatan Lopok Kabupaten Sumbawa. Desa Langam memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut :

                   Sebelah Utara       : Desa Lopok

                   Sebelah Timur      :  Kecamatan Lape

                   Sebelah Barat       : Desa Lopok / Desa Tatede / Desa Lopok Beru

                   Sebelah Selatan    : Desa Berora / Desa Tatede

Menurut data BPS Kab. Sumbawa (Kecamatan Lopok dalam angka 2008) luas wilayah Desa Langam adalah 21,47 km2  atau 2.147 hektar, dengan demikian maka luas Desa Langam adalah 13,78 % dari total luas wilayah Kecamatan Lopok.

  

Letak dan Kondisi Geografis

          Letak Desa Langam adalah berjarak 0 KM dari pusat kecamatan dan berjarak 24 KM dari ibukota kabupaten (Sumbawa Besar). Kondisi geografis Desa Langam sebagian besar merupakan dataran rendah. Ketinggian rata-rata berada pada 42 M di atas permukaan laut (mdpl). Secara astronomis yang ditentukan berdasarkan garis lintang dan garis bujur, Desa Langam terletak pada 117.56345 LS/LU - 8.595855 BT/BB.